Hidup itu Ibarat Sebuah Pendakian

Berbicara tentang hidup, saya teringat pada sebuah perjalanan bernama pendakian. Setiap pendakian butuh persiapan, entah itu persiapan fisik maupun persiapan perbekalan selama perjalanan. Lalu, sudahkah kita menyiapkan bekal untuk mencapai tujuan akhir perjalanan hidup ini?

Mendaki selalu diawali dengan berjalan dari kaki gunung, melewati jalan yang tak melulu landai dan menurun, kadang menanjak, bahkan terjal. Terkadang kita harus melewati jalur lain atau malah membuka jalur baru, bukan hanya melewati jalur yang tersedia. Lalu, bisakah kita menghadapi tantangan hidup ini?

Lama pendakian bergantung pada diri kita sendiri, harus ada kemauan, kekuatan fisik, keberanian, dan keuletan. Bertemu dengan kedinginan, kelelahan, dan keputusasaan tentu hal yang pasti. Kita tak mungkin melompat jauh, hanya melangkah setapak demi setapak. Tak mungkin kita memaksakan berjalan terus, ada kalanya kita berhenti sejenak untuk beristirahat dan mengevaluasi petualangan. Ya, hanya sejenak..karena berlama-lama hanya akan membuat menengok ke belakang dan ingin kembali ke zona nyaman. Lalu, mengeluhkan hidup ini masihkah sebuah solusi?

Usai bersusah payah melewati jalan yang tak mudah dengan beban di punggung dan pundak, kita ‘kan diberi bonus. Kita ‘kan dipenuhi kepuasan batin dengan menatap Maha KaryaNya, yang mengajarkan tentang bagaimana mengeja cintaNya. Lalu, “nikmatNya yang manakah yang kan kau dustakan?”

Saya meyakini Tuhan tidak akan membebani ummatNya melebihi kemampuannya. Pun saya meyakini, bersama kesulitan itu ada kemudahan, setelah kesulitan itu ada kemudahan. Jadi, hidup itu bukan tentang apa masalah kita, tapi tentang bagaimana kita menyelesaikan masalah..dan mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah. Semua ‘kan indah pada masanya. Tugas kita hanya menyiapkan perbekalan, terus berusaha, dan berdoa semoga Tuhan memberi izin mencapai garis finish,..sisanya Tuhan yang menentukan. Ya, sama halnya dengan proses pendakian.

#selamatharisenin

Mari bersemangat, stop complaining!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s