ngobaran beach

This slideshow requires JavaScript.

Pantai Ngobaran yang berlokasi di desa Kanigoro kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta ini merupakan pantai yang masih alami dan sangat indah. Dari Wonosari yang merupakan kabupaten Gunungkidul berjarak sekitar 35 km ke arah selatan.

Bila dari arah Yogyakarta sekitar 65 km jaraknya untuk bisa mencapai Ngobaran.Bila menelusuri jalan Yogyakarta-Wonosari maka bila sampai Lapangan terbang Gading belok ke kanan menuju kecamatan Playen, Paliyan. Dari kecamatan Paliyan terus ke arah selatan menuju Trowono melewati PUSDIKLAT TNI AD dan melewati hutan Sodong yang jalannya menanjak dan berkeloko-kelok. Di daerah Sodong masih bisa ditemui hewan kera yang bersembunyi di gua-gua di hutan Sodong.

Sebelum masuk Trowono akan melewati telaga Namberan sebagai cadangan air masyarakat Trowono. Masuk Pasar Trowono langsung ke selatan melewati jalan beraspal yang agak sempit, berkelok-kelok melewati kelurahan Kanigoro Saptosari. Di kanan kiri jalan ditemui pipa-pipa air minum yang dialirkan ke masyarakat dari sumber air di Ngobaran. Kemudian akan bertemu persimpangan jalan yang bila belok ke kiri menuju Ngrenehan (pantai yang terkenal dengan ikan bakarnya) dan bila belok ke kanan menuju pantai Ngobaran.

Pantai Ngobaran menawarkan sebuah keindahan dalam pluralisme lingkungannya (terlihat dari adanya tempat ibadah untuk empat agama atau kepercayaan berdiri berdekatan) yang kaya pesona budaya; mulai dari pura, masjid yang menghadap ke selatan. Ombak-ombak nan ramah memberikan kesejukan bagi rumput-rumput laut (alga) yang bersemayam di sana. Ngobaran menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan. Dari atas bukit terlihat ombak yang bergulung mesra membelai karang-karang berselimut rumput laut yang menghijaukan pantai ngobaran. Dipinggir pantai ada hamparan batu cadas yang sangat indah dimana sebagian masyarakat mencari rezeki dengan memunguti ruput laut untuk di jual sebagai tambahan penghasilan.

Ngobaran merupakan pantai yang cukup eksotik. Kalau air surut, Anda bisa melihat hamparan alga, baik yang berwarna hijau maupun coklat. Jika dilihat dari atas, hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang tampak seperti sawah di wilayah padat penduduk. Puluhan jenis binatang laut juga terdapat di sela-sela karang, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan.

Pantai Ngobaran menampilkan tempat ibadah semacam pura dengan patung-patung dewa berwarna putih. Tempat peribadatan itu didirikan tahun 2003 untuk memperingati kehadiran Brawijaya V, salah satu keturunan raja Majapahit. Orang yang beribadah di tempat ini adalah penganut kepercayaan Kejawan (bukan Kejawen lho). Nama “Kejawan” menurut cerita berasal dari nama salah satu putra Brawijaya V, yaitu Bondhan Kejawan. Pembangun tempat peribadatan ini mengaku sebagai keturunan Brawijaya V dan menunjuk salah satu warga untuk menjaga tempat ini.

Berjalan ke arah kiri dari tempat peribadatan tersebut, Anda akan menemui sebuah Joglo yang digunakan untuk tempat peribadatan pengikut Kejawen. Konon katanya kepercayaan Kejawen berbeda dengan Kejawan. Bila terus menyusuri jalan setapak yang ada di depan Joglo, Anda akan menemukan sebuah kotak batu yang ditumbuhi tanaman kering. Tanaman tersebut dipagari dengan kayu berwarna abu-abu. Titik dimana ranting kering ini tumbuh konon merupakan tempat Brawijaya V berpura-pura membakar diri. Langkah itu ditempuhnya karena Brawijaya V tidak mau berperang melawan anaknya sendiri, Raden Patah (Raja I Demak).

Beberapa meter dari kotak tempat ranting kering tumbuh terdapat pura untuk tempat peribadatan umat Hindu.

Di bagian depan tempat ranting tumbuh terdapat sebuah masjid berukuran kurang lebih 3×4 meter. Bangunan masjid cukup sederhana karena lantainya pun berupa pasir. Seolah menyatu dengan pantainya. Uniknya, jika kebanyakan masjid di Indonesia menghadap ke Barat, masjid ini menghadap ke selatan. Bagian depan tempat imam memimpin sholat terbuka sehingga langsung dapat melihat lautan.

Menarik bukan?!šŸ™‚

#Juli 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s