Tips Mengusir Rasa Kantuk

Kantuk merupakan gelaja alamiah yang dimiliki oleh manusia pada umumnya. Namun hal itu sering menjadi masalah ketika kita merasa ngantuk di waktu yang kurang tepat, seperti waktu sekolah, rapat, dll. Kantuk memang bisa terjadi karena berbagai sebab, misalnya terlalu lelah, bosan, kurang tidur, atau adanya masalah kesehatan seperti diabetes. Karena kantuk merupakan penyebab kita tertidur, jadi kita harus berhati-hati jika hal tersebut terjadi pada waktu yang kurang tepat. Jangan sampai terjadi apa yang pernah diberitakan, “Presiden marah ketika salah seorang peserta rapat tidur”. Nah, berikut beberapa tips menghindari rasa kantuk, sebuah pengakuan dari orang yang berpengalaman:

Wudhu. Berdasarkan pengalaman, wudhu merupakan salah satu alternatif yang cukup ampuh.
Makanlah permen. Hal ini sudah terbukti cukup ampuh mengatasi rasa kantuk. Namun ketika kita membuka bungkus sering menimbulkan suara yang mengundang perhatian. So, tips ini hanya berlaku bagi orang-orang yang ketahuan karena jika ketahuan teman waktu membuka permen, wajib untuk memberi. Hehe..
Perbaiki kualitas tidur. Tidur yang baik sekitar 6-8 jam. Namun hal itu tidaklah mutlak karena yang terpenting adalah kualitas tidurnya.
Gunakan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya. Sebagai manusia, kita harus efisien. So, kalau ada waktu istirahat, gunakanlah sebaik-baiknya.
Jangan makan makanan yang mengandung zat-zat kimia penyebab kantuk. Hindari makanan yang mengandung banyak rempah-rempah karena dapat menyebabkan rasa kantuk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s